Home

4/28/16

5 Tips Agar Tidak Terserang Flu

5 Tips Agar Tidak Terserang Flu

Akhir-akhir ini, perubahan cuaca yg tiba2 dapat sering terjadi. Cuaca yg seperti ini juga menjadi pemicu penyakit flu yang bermunculan di kalangan masyarakat.Nah, apakah kamu adalah salah satu “korban” musim flu?
Flu merupakan sebuah virus yang paling sulit untuk dihentikan. Tentu Anda pernah mengalami situasi dimana Kamu masih dalam kondisi sehat pada pagi hari, lalu masuk kantor atau kelas dengan beberapa dari teman Kamu yang terserang flu, dan dalam hitungan jam, Kamu pun akan menjadi bagian dari “Club Virus” tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Apakah Vitamin C dan penggunaan Masker sudah mencukupi?
Untuk mendapatkan kekebalan tubuh dari serangan flu, perlu proses yang konstan agar daya tahan tubuh Kamu akan selalu kuat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat melindungi Kamu dari serangan Flu, ataupun penyakit menular lainnya:

1. Istirahat yang Cukup

Tahukah Kamu, jika kamu tidur kurang dari 7 jam, maka Kamu akan 3x lebih rentan terhadap serangan flu?Menurut penelitian, tidur yang cukup akan membantu tubuh Kamu dalam membangun sistem imun yang lebih kuat. Jangan lupa untuk selalu beristirahat di siang hari di sela-sela pekerjaan Kamu agar badan Kamu tidak cepat lelah.

2. Lakukan Meditasi


Menurut penelitian, ketenangan yang diciptakan dalam proses Yoga atau Meditasi akan melahirkan efek yang lebih kuat dibandingkan melakukan olahraga yang berat. Memang olahraga juga sama pentingnya, namun jika diimbangi dengan meditasi, maka Kamu pun akan memiliki tubuh yang lebih sehat. Selain tubuh, pikiran Kamu pun akan lebih tenang dan damai, yang tentunya akan membantu Kamu fokus dengan lebih baik lagi.

3. Kumur

Berkumur dengan air atau mouthwash (obat kumur) merupakan aktifitas yang kerap dilakukan setelah menggosok gigi atau setelah makan agar kesehatan mulut tetap terjaga. Namun, tahukah Kamu bahwa berkumur dengan rutin juga dapat menjaga kesehatan tenggorokan? Betul, berkumur dengan larutan garam akan membantu meredakan gejala radang tenggorokan, dan menjaganya agar terhindar dari bakteri. Selain garam, berkumur dengan campuran air, lemon, madu dan kunyit juga dapat menjadi pilihan.

4. Konsumsi Sup Hangat


Dengan mengkonsumsi sup hangat secara rutin, khususnya dengan tambahan bawang putih, dapat membantu dalam meningkatkan sel darah putih. Dengan peningkatan ini, tentunya imun tubuh pun akan senantiasa meningkat.

5. Konsumsi Air Putih


Air putih merupakan solusi yang terbaik untuk menghindari Kamu dari penyakit apapun. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, badan kamu pun akan bebas dari dehidrasi, dan memiliki kekuatan untuk mem-flush seluruh tubuh dan darah kamu dari bakteri atau virus penyebab penyakit.
Tips-tips di atas juga dapat menjadi solusi pada saat Kamu sudah terserang flu. Namun ingatlah, jika Kamu sudah mengalami hal lain seperti sesak nafas, panas tinggi, rasa sakit di bagian dada atau lainnya yang tidak biasa, cepatlah berkonsultasi dengan dokter! Semoga bermanfaat!(rest)

No comments:

Post a Comment